Selasa, 21 Mei 2013

EVALUASI PEMBELAJARAN




TUGAS EVALUASI PEMBELAJARAN
KELAS                                   :  III (tiga)
SEMESTER                            : 2 (dua)
MATA PELAJARAN              : MATEMATIKA

1.      Standar Kompetensi
4. Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
2.      Kompetensi Dasar
4.1 Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya

3.      Alat Evaluasi Pembelajaran yang saya pilih :
A.    Jawaban Singkat (Short answer) dan Melengkapi (Completion).
Contoh Soal tes bentuk jawaban singkat berupa suatu kalimat bertanya yang dapat dijawab dengan singkat.
1.      Bangun apakah yang semua sudutnya siku-siku dan 4 sisinya sama panjang?
2.      Apa nama bangun yang ketiga sisinya sama dan mempunyai 3 sudut sama besar?
3.      Termasuk bangun apakah ubin dan permukaan sapu tangan?
4.      Disebut bangun apakah jika suatu segitiga salah satu sudutnya siku-siku?
Contoh Soal bentuk Melengkapi (completion) dikemukakan dalam kalimat yang tidak lengkap.
1.      Bangun yang keempat sisinya sama panjang dan semua semua sudutnya siku-siku adalah bangun………………..
2.      Permukaan kotak korek api berbentuk bangun……………
3.      Sisi yang terdapat pada bangun persegi ada …………….buah
4.      Segitiga yang ketiga sisinya sama panjang disebut segitiga………

B.     Portofolio
Contoh Soal :
1.      Gambarlah 2 segitiga dengan ukuran berbeda (tugas portofolio 1)
2.      Gambarlah 2 bangun persegi dengan ukuran yang berbeda-beda (tugas portofolio1)
3.      Carilah benda yang berbentuk segitiga kemudian jiplaklah (tugas portofolio 2)
4.      Carilah benda tyang berbentuk persegi dan persegi panjang, kemudian jiplaklah pada bukumu (tugas portofolio 3)
4.      Alasan Mengapa Memilih Alat Evaluasi Pembelajaran tersebut :
A.    Alasan saya memilih alat evaluasi pembelajaran Jawaban singkat (Short Answer) dan Melengkapi (Completion) karena materi Bangun Datar Sederhana dalam mata pelajaran Matematika, siswa lebih banyak diminta untuk mengahafalkan sifat-sifat bangun datar beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Jadi bentuk tes Jawaban singkat dan Melengkapi  ini tepat untuk materi tersebut. Hal ini karena dalam tes  Jawaban singkat dan Melengkapi menghendaki jawaban dengan kalimat dan atau angka-angka yang hanya dapat dinilai benar atau salah. Bentuk tes ini dapat mengukur seberapa besar kemampuan siswa untuk mengingat materi yang telah dipelajari
B.     Alasan saya  memilih alat evaluasi pembelajaran Portofolio karena materi Bangun Datar Sederhana dalam mata pelajaran Matematika, siswa diminta untuk menggambar bangun-bangun sederhana seperti persegi,persegi panjang dan segitiga sesuai dengan sifat-sifatnya. Penilaian portofolio sangat tepat untuk materi ini agar guru dapat mengumpulkan karya peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Dengan portofolio guru dapat mengetahui perkembangan dan prestasi belajar peserta didik secara bertahap (proses).
5.      Analisis Kelebihan dan Kelemahan Alat Evaluasi yang dipilih.
·         Kelebihan tes bentuk Jawaban Singkat dan Melengkapi, antara lain :
1.      Relatif mudah disusun
2.      Sangat baik untuk menilai kemampuan peserta didik yang berkenaan dengan fakta-fakta, sifat-sifat.
3.      Menuntut peserta didik untuk mengemukakan pendapatnya secara singkat dan jelas.
4.      Pemeriksaan lembar jawaban dapat dilakukan secara objektif.
·         Kelemahan tes bentuk Jawaban Singkat dan Melengkapi, antara lain :
1.      Pada umumnya hanya berkenaan dengan dengan kemampuan mengingat saja, sedangkan kemampuan yang lain agak terabaikan
2.      Pada soal bentuk melengkapi, jika titik-titik kosong yang harus terlalu banyak, para peserta didik sering terkecoh
3.      Dalam memeriksa lembar jawaban dibutuhkan waktu yang cukup banyak.
·         Kelebihan Penilaian Portofolio :
1.      Penilaian fleksibel
2.      Keterlibatan orang tua karena mereka dapat melihat hasil belajar anaknya
3.      Penilaian diri sendiri (siswa)
·         Kelemahan Penilaian Portofolio
1.      Membutuhkan waktu yang cukup lama
2.      Guru berorientasi pada pencapaian hasil akhir
3.      Tidak adanya penilaian yang baku (tidak ada patokan)
4.      Tempat penyimpanan yang kurang memadai
6.      Cara Mengatasi Kelemahan Alat Evaluasi Pembelajaran yang dipilih :
·         Cara Mengatasi Kelemahan tes bentuk jawaban singkat dan melengkapi adalah :
a.       Hendaknya dalam menyusun soal tidak menggunakan soal yang terbuka, sehingga ada kemungkinan peserta didik menjawab secara terurai sedangkan untuk tes bentuk melengkapi hendaknya tidak mengambil pernyataan langsung dari buku (textbook). Karena hal ini akan membuat kemampuan anak hanya terbatas mengingat saja dan tidak dapat mengembangkan kemampuan yang lainnya.
b.      Dalam menyusun soal. titik-titik kosong pada sebagai tempat jawaban hendaknya  diletakkan pada akhir atau dekat akhir kalimat daripada di awal kalimat dan jangan menyediakan titik-titik kosong terlalu banyak karena hal ini akan membuat anak terkecoh.
c.       Pernyataan hendaknya hanya mengandung satu alternative jawaban, dan jika perlu digunakan gambar-gambar sehingga dapat dipersingkat serta jelas. Hal ini akan mempermudah guru dalam memeriksa lembar jawaban

·         Cara mengatasi kelemahan Portofolio tersebut adalah:
1.      Penilaian portofolio sebaiknya dilakukan jika perlu saja atau jika ada bab yang memungkinkan untuk membuat portofolio. Contohnya dalam bab ini, karena ada indikator menggambar bangun datar sederhana jadi penilaian portofolio sangat diperlukan agar guru dan wali murid tahu perkembangan belajar siswa lewat karyanya.
2.      Lebih baiknya guru memeriksa hasil belajar anak tidak hanya hasil akhirnya saja tetapi juga proses pembelajaran selama anak dikelas. Jadi penilaiannya lebih efektif dan akurat karena melihat prosesnya juga tidak hanya hasil akhir.
3.      Dalam setiap sekolah seharusnya membuat dan memberlakukan patokan-patokan tersendiri untuk menilai hasil belajar siswa dengan portofolio agar tidak terjadi perbedaan kriteria penilaian antara guru satu dengan guru lainnya. 
4.      Di dalam kelas di pasang tali untuk menggantung hasil portofolio siswa yang sebelumnya sudah dimasukkan ke dalam map plastik lalu digantung dengan jepit jemuran jadi tidak begitu menyita tempat. Contohnya di SD saya dulu didaerah Klaten juga dilakukan hal seperti itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar