TUGAS EVALUASI PEMBELAJARAN
KELAS : III (tiga)
SEMESTER : 2 (dua)
MATA
PELAJARAN : MATEMATIKA
1. Standar Kompetensi
4.
Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
2. Kompetensi Dasar
4.1 Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut
sifat atau unsurnya
3. Alat Evaluasi Pembelajaran yang
saya pilih :
A. Jawaban
Singkat (Short answer) dan Melengkapi (Completion).
Contoh
Soal tes bentuk jawaban singkat berupa suatu kalimat bertanya yang dapat
dijawab dengan singkat.
1. Bangun
apakah yang semua sudutnya siku-siku dan 4 sisinya sama panjang?
2. Apa
nama bangun yang ketiga sisinya sama dan mempunyai 3 sudut sama besar?
3. Termasuk
bangun apakah ubin dan permukaan sapu tangan?
4. Disebut
bangun apakah jika suatu segitiga salah satu sudutnya siku-siku?
Contoh
Soal bentuk Melengkapi (completion) dikemukakan dalam kalimat yang tidak
lengkap.
1. Bangun
yang keempat sisinya sama panjang dan semua semua sudutnya siku-siku adalah
bangun………………..
2. Permukaan
kotak korek api berbentuk bangun……………
3. Sisi
yang terdapat pada bangun persegi ada …………….buah
4. Segitiga
yang ketiga sisinya sama panjang disebut segitiga………
B. Portofolio
Contoh
Soal :
1. Gambarlah
2 segitiga dengan ukuran berbeda (tugas portofolio 1)
2. Gambarlah
2 bangun persegi dengan ukuran yang berbeda-beda (tugas portofolio1)
3. Carilah
benda yang berbentuk segitiga kemudian jiplaklah (tugas portofolio 2)
4. Carilah
benda tyang berbentuk persegi dan persegi panjang, kemudian jiplaklah pada
bukumu (tugas portofolio 3)
4. Alasan Mengapa Memilih Alat
Evaluasi Pembelajaran tersebut :
A. Alasan
saya memilih alat evaluasi pembelajaran Jawaban singkat (Short Answer) dan
Melengkapi (Completion) karena materi Bangun Datar Sederhana dalam mata
pelajaran Matematika, siswa lebih banyak diminta untuk mengahafalkan
sifat-sifat bangun datar beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Jadi
bentuk tes Jawaban singkat dan Melengkapi
ini tepat untuk materi tersebut. Hal ini karena dalam tes Jawaban singkat dan Melengkapi menghendaki
jawaban dengan kalimat dan atau angka-angka yang hanya dapat dinilai benar atau
salah. Bentuk tes ini dapat mengukur seberapa besar kemampuan siswa untuk
mengingat materi yang telah dipelajari
B. Alasan
saya memilih alat evaluasi pembelajaran
Portofolio karena materi Bangun Datar Sederhana dalam mata pelajaran
Matematika, siswa diminta untuk menggambar bangun-bangun sederhana seperti
persegi,persegi panjang dan segitiga sesuai dengan sifat-sifatnya. Penilaian
portofolio sangat tepat untuk materi ini agar guru dapat mengumpulkan karya
peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Dengan portofolio guru dapat
mengetahui perkembangan dan prestasi belajar peserta didik secara bertahap
(proses).
5. Analisis Kelebihan dan Kelemahan
Alat Evaluasi yang dipilih.
·
Kelebihan tes bentuk Jawaban Singkat dan
Melengkapi, antara lain :
1. Relatif
mudah disusun
2. Sangat
baik untuk menilai kemampuan peserta didik yang berkenaan dengan fakta-fakta, sifat-sifat.
3. Menuntut
peserta didik untuk mengemukakan pendapatnya secara singkat dan jelas.
4. Pemeriksaan
lembar jawaban dapat dilakukan secara objektif.
·
Kelemahan tes bentuk Jawaban Singkat dan
Melengkapi, antara lain :
1. Pada
umumnya hanya berkenaan dengan dengan kemampuan mengingat saja, sedangkan
kemampuan yang lain agak terabaikan
2. Pada
soal bentuk melengkapi, jika titik-titik kosong yang harus terlalu banyak, para
peserta didik sering terkecoh
3. Dalam
memeriksa lembar jawaban dibutuhkan waktu yang cukup banyak.
·
Kelebihan Penilaian Portofolio :
1. Penilaian
fleksibel
2. Keterlibatan
orang tua karena mereka dapat melihat hasil belajar anaknya
3. Penilaian
diri sendiri (siswa)
·
Kelemahan Penilaian Portofolio
1. Membutuhkan
waktu yang cukup lama
2. Guru
berorientasi pada pencapaian hasil akhir
3. Tidak
adanya penilaian yang baku (tidak ada patokan)
4. Tempat
penyimpanan yang kurang memadai
6. Cara Mengatasi Kelemahan Alat
Evaluasi Pembelajaran yang dipilih :
·
Cara Mengatasi Kelemahan tes bentuk
jawaban singkat dan melengkapi adalah :
a. Hendaknya
dalam menyusun soal tidak menggunakan soal yang terbuka, sehingga ada
kemungkinan peserta didik menjawab secara terurai sedangkan untuk tes bentuk
melengkapi hendaknya tidak mengambil pernyataan langsung dari buku (textbook).
Karena hal ini akan membuat kemampuan anak hanya terbatas mengingat saja dan
tidak dapat mengembangkan kemampuan yang lainnya.
b. Dalam
menyusun soal. titik-titik kosong pada sebagai tempat jawaban hendaknya diletakkan pada akhir atau dekat akhir kalimat
daripada di awal kalimat dan jangan menyediakan titik-titik kosong terlalu
banyak karena hal ini akan membuat anak terkecoh.
c. Pernyataan
hendaknya hanya mengandung satu alternative jawaban, dan jika perlu digunakan
gambar-gambar sehingga dapat dipersingkat serta jelas. Hal ini akan mempermudah
guru dalam memeriksa lembar jawaban
·
Cara
mengatasi kelemahan Portofolio tersebut adalah:
1.
Penilaian
portofolio sebaiknya dilakukan jika perlu saja atau jika ada bab yang
memungkinkan untuk membuat portofolio. Contohnya dalam bab ini, karena ada
indikator menggambar bangun datar sederhana jadi penilaian portofolio sangat
diperlukan agar guru dan wali murid tahu perkembangan belajar siswa lewat
karyanya.
2.
Lebih
baiknya guru memeriksa hasil belajar anak tidak hanya hasil akhirnya saja
tetapi juga proses pembelajaran selama anak dikelas. Jadi penilaiannya lebih
efektif dan akurat karena melihat prosesnya juga tidak hanya hasil akhir.
3.
Dalam
setiap sekolah seharusnya membuat dan memberlakukan patokan-patokan tersendiri
untuk menilai hasil belajar siswa dengan portofolio agar tidak terjadi
perbedaan kriteria penilaian antara guru satu dengan guru lainnya.
4.
Di
dalam kelas di pasang tali untuk menggantung hasil portofolio siswa yang
sebelumnya sudah dimasukkan ke dalam map plastik lalu digantung dengan jepit
jemuran jadi tidak begitu menyita tempat. Contohnya di SD saya dulu didaerah
Klaten juga dilakukan hal seperti itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar