Sabtu, 25 Mei 2013

Bantu Doa aja buat Workshop tanggal 30 :)


                                                                I.            PEMBAGIAN TUGAS “EVALUASI PEMBELAJARAN DENGAN
 TEKNIK WAWANCARA GUNA
MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA”

            Ketua Pelaksana          : Arif Wahyudi                                                111134024

Moderator                   : Elisabeth Hermi Prastiwi                              111134047
Penyaji Materi I          : Putri Nur Wahyuningsih                               111134002
Penyaji Materi II         : Widya Rimbawati                                         111134166
Pembawa Acara          : Muhammad Khoiri Zaroh                             111134150
                                       Dian Siwi Lestari                                         111134204
Tim Pendamping Kelompok :
·         Kelompok PGRI Jawa Tengah           :  Frida Rahma Latifa              111134003
·         Kelompok PGRI Jawa Timur             :  F.N Baskara Danang S        111134048
·         Kelompok PGRI Jawa Barat              :  Dyah Ayu Palupi                 111134133
·         Kelompok PGRI DKI Jakarta                        :  Retno Cahyaningtyas           111134187
·         Kelompok PGRI D.I.Y                      :  Theresia Cendrawati            111134271
·         Kelompok PGRI Banten                    :  Veronica Oky Armania        111134277












    II.            RUNDOWN ACARA WORKSHOP
“ EVALUASI PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK WAWANCARA GUNA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA”

WAKTU
KEGIATAN
FASILITATOR
Pukul 10.50 – 11.00 WIB
Mengisi daftar hadir yang sudah disediakan panitia.
Tim Pendamping
Pukul 11.00 – 11.05 WIB
·         Salam Pembuka
·         Doa Pembukaan

Pembawa Acara
Pukul 11.05 – 11.10 WIB
Sambutan dan Pembukaan Workshop.
Ketua Panitia
Pukul 11.10 – 11.15 WIB
Menyanyikan Lagu “Indonesia Raya” untuk membuka workshop.
Tim Pendamping, Ketua Panitia
Pukul 11.15 – 11.20 WIB
Perkenalan kelompok (PGRI se-Jawa) dan jargon dari masing-masing kelompok.
Pembawa Acara dan Tim Pendamping
Pukul 11.20 – 11.25 WIB
Perkenalan Moderator dan Prestasi yang pernah diraih.
Pembawa Acara
Pukul 11.25 – 11.30 WIB
Perkenalan Narasumber dan Prestasi yang pernah diraih.
Moderator
Pukul 11.30 – 11.40 WIB
Workshop Sesi 1
Penyaji Materi I
Pukul 11.40 – 11.45 WIB
Pertanyaan Sesi 1
Moderator, Penyaji Materi 1
Pukul 11.45 – 11.55 WIB
Workshop Sesi 2
Penyaji Materi II
Pukul 11.55 – 12.00 WIB
Pertanyaan Sesi 2
Moderator, Penyaji Materi II
Pukul 12.00 – 12.10 WIB
Role Play “ Wawancara”
Tim Pendamping
Pukul 12.10 – 12.15 WIB
Dinamika Kelompok Membuat Pertanyaan untuk Wawancara sesuai dengan standar kompetensi yang telah dipersiapkan olek tim pendamping.
Tim Pendamping
Pukul 12.15 – 12.20 WIB
Presentasi hasil diskusi kelompok
MC , Tim Pendamping, Penyaji Materi
Pukul 12.20 – 12.25 WIB
Kesimpulan
Moderator
Pukul 12.25 – 12.30 WIB
Pesan dan Kesan, ucapan terima kasih dan pembagian doorprize.
Penyaji Materi
Pukul 12.30 – 12.40 WIB
Penyerahan sertifikat secara simbolik dan Menyayikan Lagu “Hymne Guru”
Ketua Panitia,Seluruh Pantia Workshop


 III.            Materi dan Handout Untuk Peserta
WAWANCARA
A.    Pengertian wawancara
      Wawancara adalah salah satu bentuk alat evaluasi jenis non-tes yang dilakukan melalui percakapan dan tanya jawab, baik langsung maupun tidak langsung dengan peserta didik.
      Wawancara dapat dilengkapi dengan alat bantu berupa tape recorder (alat perekam suara), sehingga jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dapat dicatat secara lengkap. Melalui wawancara, data bisa diperoleh dalam data kualitatif.


B.     Jenis-jenis wawancara
1.      Wawancara berstruktur
Wawancara berstruktur kemungkinan jawaban telah disiapkan sehingga siswa tinggal mengategorikannya dengan alternatif jawaban yang telah dibuat.
Langkah-langkah wawancara berstruktur:
1.      Pertanyaan dibuat secara berstruktur
2.      Pewawancara membacakan pertanyaan, jika perlu alternatif jawaban
3.      Siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya lalu pendapat siswa diklasifikasikan kedalam alternatif jawaban yang ada
4.      Hasil wawancara dicatat saat itu juga supaya tidak lupa (memberikan tanda pada alternatif jawaban, misalnya melingkari salah satu jawaban yang ada)

2.      Wawancara tidak berstruktur (Wawancara bebas)
wawancara yang jawaban tidak perlu disiapkan sehingga siswa bebas mengemukakan pendapatnya. 
Langkah-langkah wawancara tidak berstruktur:
1.      Baca dan ajukan pertanyaan
2.      Siswa diminta untuk menjawab secara bebas
3.      Hasil wawancara perlu mencatat pokok-pokok isi jawaban siswa pada lembaran tersendiri. Yang dicatat adalah jawaban apa adanya dari siswa jangan ditambah ataupun dikurangi

C.    Tujuan Wawancara
1.      Untuk memperoleh informasi guna menjelaskan suatu hal atau situasi dan kondisi tertentu.
2.      Untuk melengkapi suatu penyelidikan ilmiah.
3.      Untuk memperoleh data agar dapat mempengaruhi situasi atau orang tertentu.
D.    Kelebihan Wawancara
1.      Dapat berkomunikasi langsung kepada peserta didik sehingga informasi yang diperoleh dapat diketahui objektivitasnya.
2.      Dapat memperbaiki proses dan hasil belajar.
3.      Pelaksanaan wawancara lebih fleksibel, dinamis dan personal
E.     Kelemahan Wawancara
1.      Jika jumlah peserta didik cukup banyak, maka proses wawancara banyak menggunakan waktu, tenaga dan biaya.
2.      Adakalanya terjadi wawancara yang berlarut-larut tanpa arah, sehingga data kurang dapat memenuhi apa yang diharapkan.
3.      Sering timbul sikap yang kurang baik dari peserta didik diwawancarai dan sikap overaction  dari guru sebagai pewawancara

F.     Pedoman Menyusun Wawancara
1.      Merumuskan tujuan wawancara.
2.      Membuat kisi-kisi atau layout dan pedoman wawancara.
3.      Menyusun pertanyaan sesuai dengan data yang diperlukan dan bentuk pertanyaan yang diinginkan.
4.      Melaksanakan uji coba untuk melihat kelemahan-kelemahan pertanyaan yang disusun, sehingga dapat diperbaiki lagi.
5.      Melaksanakan wawancara dalam situasi yang sebenarnya

Kisi-kisi Pedoman Wawancara

No
Masalah
Tujuan
Pertanyaan
Bentuk Pertanyaan






G.    Format Pedoman Wawancara

No
Aspek-aspek yang diwawancara
Ringkasan Jawaban
Keterangan
1.



2.



3.



4.













H.    Rubrik Penilaian
·         Cara Membuat Rubrik Penilaian
a.       Pilih standar kompetensi dan kompetensi dasar
b.      Tentukan indikator dan tujuan
c.       Tentukan aspek penilaian
d.      Tentukan skor penilaian maksimal
No
Aspek penilaian
Skor Max
Skor Perolehan
1.
Ketepatan mendata hal-hal penting dari wawancara yang siswa dengarkan:
  - Data-data lengkap     
  - Data-data kurang lengkap       
  - Data-data tidak dapat dipahami
5
3
1

2.
Keefektifan penggunaan bahasa:
  - Tidak terdapat kesalahan struktur kalimat dan ejaan.                                    
  - Tedapat satu sampai dua kesalahan struktur kalimat dan ejaan.           
  - Terdapat lebih dari dua kesalahan struktur kalimat dan ejaan.                 
5
3
1

3.
Kejelasan isi informasi wawancara
  - Isi wawancara mudah dipahami       
  - Isi wawancara mudah dipahami, tetapi  dapat menimbulkan ketidakjelasan bagi pembaca  
- Isi wawancara sukar dipahami
5
 3
      1


Nilai siswa diperoleh dgn rumus sbb:
Nilai    =         Skor perolehan x 100
                        Skor maksimal



I.       Dalam melaksanakan wawancara, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
  1. Hubungan baik antara pewawancara dengan orang yang diwawancarai perlu dipupuk dan dibina sehingga akan tampak hubungan yang akrab dan harmonis.
  2. Dalam wawancara jangan terlalu kaku, tunjukkan sikap yang bersahabat, bebas, ramah, terbuka, dan adaptasikan diri dengannya.
  3. Perlakukan responden itu sebagai sesama manusia secara jujur.
  4. Hilangkan prasangka-prasangka yang kurang baik sehingga pertanyaan-pertanyaan yang diajukan bersifat netral.
5.      Pertanyaan hendaknya jelas, tepat, dengan bahasa yang sederhana.

J.      Pengolahan Data Kualitatif
1.      Tahap Pengodean
Ø  Bentuk format berupa tabel dengan tiga kolom.
Ø  Kolom pertama di sebelah kiri untuk menuliskan nomor urut transkrip data.
Ø  Transkripsi verbatim (kata demi kata) hasil wawancara dituliskan dalam format di kolom kedua dari tiga kolom.
Ø  Pada kolom ketiga dituliskan kata kunci (tema) yang ditemukan dari transkripsi verbatim.

Format Pengodean
      Nama               : Ihsann
      Kelas               : IV Sekolah Dasar
      Tanggal           : 9 Mei 2013
      Waktu             : 08.00 – 10.00
      Tempat            : Ruang kelas IV SD Panca Karya






No.
Transkrip Verbatim Hasil Wawancara
Kata Kunci (Tema)
1.
Ihsann  masuk ke ruang kelas terlambat 5 menit. Ihsann memberi alasan bahwa dia  harus membantu tukang kebun sekolah untuk memberi makan ikan di kolam .
Setelah duduk, dia diberikan 3 pertanyaan pelajaran IPA, namun hanya menjawab  2 pertanyaan. Pada pertanyaan ketiga dia hanya menggelengkan kepalanya.


k.      Perbedaan Tes Wawancara dengan Tes Lisan
a.       Tes wawancara berisi tentang pendapat siswa atau pengalaman siswa sedangkan tes lisan berisi tentang materi yang sedang diteskan.
b.      Tes wawancara dilakukan secara individu sedangkan tes lisan bisa dilakukan secara berkelompok.
c.       Tes wawancara lebih cocok untuk mata pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa inggris sedangkan tes lisan bisa untuk semua mata pelajaran termasuk matematika.

 IV.            Contoh Wawancara yang akan di peragakan oleh Tim Pendamping
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : 1/1
Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi.
Kompetensi Dasar       : Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.

Indikator                     : Mendeskripsikan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun.
Tujuan Pembelajaran   : Siswa dapat mendeskripsikan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun.


a.       Wawancara Tidak Berstruktur
Pertanyaan :
d.      Siapa nama kamu?
e.       Dimana kamu dilahirkan?
f.       Kapan kamu lahir?
g.      Dimana tempat tinggal kamu?
h.      Dimana kamu bersekolah?

b.      Wawancara Berstruktur
                                                                          i.      Pernahkah kamu menyapa temanmu saat menegur dijalan?
Pernah/Tidak Pernah
                                                                        ii.      Pernahkah kamu menyapa orang yang tidak kamu kenal?
Pernah/Tidak Pernah
                                                                      iii.      Apakah kamu pernah menanyakan alamat pada orang yang tidak kamu kenal?
                     Pernah/Tidak Pernah

    V.            Materi Kegiatan Dinamika Kelompok
Tugas Kelompok : Membuat Indikator dan Pertanyaan Wawancara Sesuai dengan SK dan KD serta membuat rubrik penilaian.
·         Kelompok PGRI         : Jawa Tengah
Mata Pelajaran            : PKN
Kelas/Semester            : II/2
Standar Kompetensi   : Menampilkan nilai-nilai Pancasila.
Kompetensi Dasar       : Melaksanakan perilaku jujur, displin, dan senang bekerja dalam kegiatan sehari-hari.

·         Kelompok PGRI         : Jawa Timur
Mata Pelajaran            : PKN
Kelas/Semester            : III/1
Standar Kompetensi   : Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat.
Kompetensi Dasar       : Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar

·         Kelompok PGRI         : Jawa Barat
Mata Pelajaran            : PKN
Kelas/Semester            : IV/2
Standar Kompetensi   : Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
Kompetensi Dasar       :Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya

·         Kelompok PGRI         : DKI Jakarta
Mata Pelajaran            : PKN
Kelas/Semester            : V/2
Standar Kompetensi   : Memahami kebebasan berorganisasi.
Kompetensi Dasar       : Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.

·         Kelompok PGRI         : D.I.Y
Mata Pelajaran            : PKN
Kelas/Semester            : VI/1
Standar Kompetensi   : Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia.
Kompetensi Dasar       : Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada

·         Kelompok PGRI         : Banten
Mata Pelajaran            : PKN
Kelas/Semester            : I/1
Standar Kompetensi   : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
Kompetensi Dasar       : Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
.
 VI.            Pembagian Tugas “EVALUASI PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK WAWANCARA GUNA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA”

-          Moderator :
1.      Memperkenalkan Penyaji Materi
2.      Memimpin jalannya diskusi
3.      Membantu penyaji dalam menampung pertanyaan peserta.
4.      Menyimpulkan materi workshop
-          Penyaji Materi :
1.      Menyampaikan materi kepada peserta
2.      Menjawab pertanyaan dari peserta workshop
-          Ketua Panitia :
1.      Membuka acara workshop
2.      Mengontrol jalannya kegiatan workshop
-          Pendamping kelompok :
1.      Mendampingi anggota kelompok untuk berdinamika
2.      Menjelaskan kegiatan dinamika kelompok, dengan keterangan :
·         Menjelaskan kembali materi wawancara
·         Mendampingi siswa membuat pertanyaan wawancara.










·         Satu Kelas Dibagi Menjadi 6 kelompok
·         Satu Kelompok Terdiri dari 5 – 6 Orang
·         Kelompok PGRI cabang Jawa Timur
1.      Andreas Armando P
2.      Andre Aditya S
3.      Maria Dian Rosari
4.      Isa Sawiji H
5.      Sriyani Wulandari
6.      Putri Pratami

·         Kelompok PGRI cabang Jawa Tengah
1.      Satria Anggara
2.      Marselus Sunardi
3.      Yovita Siska F
4.      Shinta Puspa A
5.      Yenny Fruit Tella P
6.      Angela Cory D. P

·         Kelompok PGRI cabang Jawa Barat
1.      Felix Prastian B. S
2.      Andi S
3.      Hendrika  Juliati Br. S.
4.      Rukamah
5.      Brigita Wahyu A
6.      Endika Elshanta

·         Kelompok PGRI cabang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
1.      Adhik Abil Y
2.      Septi Ria Irawan
3.      Benedicta Putri W. H
4.      Dyah Ayu Retno
5.      Ana Ventalesi
6.      Lies Mira Yuniarti

·         Kelompok PGRI cabang DKI Jakarta
1.      Yustinus Cahyadi T
2.      Ervin Indraswari
3.      Arin Dwi R
4.      Sundosari Pratiwi
5.      Rufina Merry

·         Kelompok PGRI cabang Banten
1.      Yohanes Hendi Setiawan
2.      Bonaventura Dian D. P
3.      Radmilla Zena H.D
4.      Dhahiru Laila R
5.      Ari Widya P
6.      Eni Purwati




Tidak ada komentar:

Posting Komentar