I.
PEMBAGIAN
TUGAS “EVALUASI PEMBELAJARAN DENGAN
TEKNIK WAWANCARA GUNA
MENINGKATKAN
KEPERCAYAAN DIRI SISWA”
Ketua
Pelaksana : Arif Wahyudi 111134024
Moderator
: Elisabeth Hermi
Prastiwi 111134047
Penyaji Materi I
: Putri Nur Wahyuningsih 111134002
Penyaji Materi II : Widya Rimbawati 111134166
Pembawa Acara : Muhammad Khoiri Zaroh 111134150
Dian Siwi Lestari 111134204
Tim Pendamping Kelompok :
·
Kelompok PGRI Jawa Tengah :
Frida Rahma Latifa 111134003
·
Kelompok PGRI Jawa Timur :
F.N Baskara Danang S 111134048
·
Kelompok PGRI Jawa Barat :
Dyah Ayu Palupi 111134133
·
Kelompok PGRI DKI Jakarta : Retno Cahyaningtyas 111134187
·
Kelompok PGRI D.I.Y : Theresia Cendrawati 111134271
·
Kelompok PGRI Banten : Veronica Oky Armania 111134277
II.
RUNDOWN
ACARA WORKSHOP
“ EVALUASI PEMBELAJARAN DENGAN
TEKNIK WAWANCARA GUNA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA”
WAKTU
|
KEGIATAN
|
FASILITATOR
|
Pukul
10.50 – 11.00 WIB
|
Mengisi
daftar hadir yang sudah disediakan panitia.
|
Tim
Pendamping
|
Pukul
11.00 – 11.05 WIB
|
·
Salam Pembuka
·
Doa Pembukaan
|
Pembawa
Acara
|
Pukul
11.05 – 11.10 WIB
|
Sambutan
dan Pembukaan Workshop.
|
Ketua
Panitia
|
Pukul
11.10 – 11.15 WIB
|
Menyanyikan
Lagu “Indonesia Raya” untuk membuka workshop.
|
Tim
Pendamping, Ketua Panitia
|
Pukul
11.15 – 11.20 WIB
|
Perkenalan
kelompok (PGRI se-Jawa) dan jargon dari masing-masing kelompok.
|
Pembawa
Acara dan Tim Pendamping
|
Pukul
11.20 – 11.25 WIB
|
Perkenalan
Moderator dan Prestasi yang pernah diraih.
|
Pembawa
Acara
|
Pukul
11.25 – 11.30 WIB
|
Perkenalan
Narasumber dan Prestasi yang pernah diraih.
|
Moderator
|
Pukul
11.30 – 11.40 WIB
|
Workshop
Sesi 1
|
Penyaji
Materi I
|
Pukul
11.40 – 11.45 WIB
|
Pertanyaan
Sesi 1
|
Moderator,
Penyaji Materi 1
|
Pukul
11.45 – 11.55 WIB
|
Workshop
Sesi 2
|
Penyaji
Materi II
|
Pukul
11.55 – 12.00 WIB
|
Pertanyaan
Sesi 2
|
Moderator,
Penyaji Materi II
|
Pukul
12.00 – 12.10 WIB
|
Role
Play “ Wawancara”
|
Tim
Pendamping
|
Pukul
12.10 – 12.15 WIB
|
Dinamika
Kelompok Membuat Pertanyaan untuk Wawancara sesuai dengan standar kompetensi
yang telah dipersiapkan olek tim pendamping.
|
Tim
Pendamping
|
Pukul
12.15 – 12.20 WIB
|
Presentasi
hasil diskusi kelompok
|
MC
, Tim Pendamping, Penyaji Materi
|
Pukul
12.20 – 12.25 WIB
|
Kesimpulan
|
Moderator
|
Pukul
12.25 – 12.30 WIB
|
Pesan
dan Kesan, ucapan terima kasih dan pembagian doorprize.
|
Penyaji
Materi
|
Pukul
12.30 – 12.40 WIB
|
Penyerahan
sertifikat secara simbolik dan Menyayikan Lagu “Hymne Guru”
|
Ketua
Panitia,Seluruh Pantia Workshop
|
III.
Materi
dan Handout Untuk Peserta
WAWANCARA
A.
Pengertian
wawancara
• Wawancara
adalah salah satu bentuk alat evaluasi jenis non-tes yang dilakukan melalui
percakapan dan tanya jawab, baik langsung maupun tidak langsung dengan peserta
didik.
• Wawancara
dapat dilengkapi dengan alat bantu berupa tape recorder (alat perekam suara),
sehingga jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dapat dicatat secara
lengkap. Melalui wawancara, data bisa diperoleh dalam data kualitatif.
B.
Jenis-jenis
wawancara
1.
Wawancara
berstruktur
Wawancara berstruktur kemungkinan jawaban telah
disiapkan sehingga siswa tinggal mengategorikannya dengan alternatif jawaban
yang telah dibuat.
Langkah-langkah wawancara berstruktur:
1. Pertanyaan
dibuat secara berstruktur
2. Pewawancara
membacakan pertanyaan, jika perlu alternatif jawaban
3. Siswa
diminta untuk mengemukakan pendapatnya lalu pendapat siswa diklasifikasikan
kedalam alternatif jawaban yang ada
4. Hasil
wawancara dicatat saat itu juga supaya tidak lupa (memberikan tanda pada
alternatif jawaban, misalnya melingkari salah satu jawaban yang ada)
2.
Wawancara
tidak berstruktur (Wawancara bebas)
wawancara yang jawaban tidak perlu disiapkan
sehingga siswa bebas mengemukakan pendapatnya.
Langkah-langkah wawancara tidak berstruktur:
1. Baca
dan ajukan pertanyaan
2. Siswa
diminta untuk menjawab secara bebas
3. Hasil
wawancara perlu mencatat pokok-pokok isi jawaban siswa pada lembaran
tersendiri. Yang dicatat adalah jawaban apa adanya dari siswa jangan ditambah
ataupun dikurangi
C.
Tujuan
Wawancara
1. Untuk
memperoleh informasi guna menjelaskan suatu hal atau situasi dan kondisi
tertentu.
2. Untuk
melengkapi suatu penyelidikan ilmiah.
3. Untuk
memperoleh data agar dapat mempengaruhi situasi atau orang tertentu.
D.
Kelebihan
Wawancara
1. Dapat
berkomunikasi langsung kepada peserta didik sehingga informasi yang diperoleh
dapat diketahui objektivitasnya.
2. Dapat
memperbaiki proses dan hasil belajar.
3. Pelaksanaan
wawancara lebih fleksibel, dinamis dan personal
E.
Kelemahan
Wawancara
1. Jika
jumlah peserta didik cukup banyak, maka proses wawancara banyak menggunakan
waktu, tenaga dan biaya.
2. Adakalanya
terjadi wawancara yang berlarut-larut tanpa arah, sehingga data kurang dapat
memenuhi apa yang diharapkan.
3. Sering
timbul sikap yang kurang baik dari peserta didik diwawancarai dan sikap overaction dari guru sebagai pewawancara
F.
Pedoman
Menyusun Wawancara
1. Merumuskan
tujuan wawancara.
2. Membuat
kisi-kisi atau layout dan pedoman wawancara.
3. Menyusun
pertanyaan sesuai dengan data yang diperlukan dan bentuk pertanyaan yang
diinginkan.
4. Melaksanakan
uji coba untuk melihat kelemahan-kelemahan pertanyaan yang disusun, sehingga
dapat diperbaiki lagi.
5. Melaksanakan
wawancara dalam situasi yang sebenarnya
Kisi-kisi
Pedoman Wawancara
No
|
Masalah
|
Tujuan
|
Pertanyaan
|
Bentuk Pertanyaan
|
|
|
|
|
|
G.
Format
Pedoman Wawancara
No
|
Aspek-aspek
yang diwawancara
|
Ringkasan
Jawaban
|
Keterangan
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
H.
Rubrik
Penilaian
·
Cara
Membuat Rubrik Penilaian
a. Pilih
standar kompetensi dan kompetensi dasar
b. Tentukan
indikator dan tujuan
c. Tentukan
aspek penilaian
d. Tentukan
skor penilaian maksimal
No
|
Aspek
penilaian
|
Skor
Max
|
Skor
Perolehan
|
1.
|
Ketepatan
mendata hal-hal penting dari wawancara yang siswa dengarkan:
- Data-data lengkap
- Data-data kurang lengkap
- Data-data tidak dapat dipahami
|
5
3
1
|
|
2.
|
Keefektifan
penggunaan bahasa:
- Tidak terdapat kesalahan struktur kalimat
dan ejaan.
- Tedapat satu sampai dua kesalahan struktur
kalimat dan ejaan.
- Terdapat lebih dari dua kesalahan struktur
kalimat dan ejaan.
|
5
3
1
|
|
3.
|
Kejelasan
isi informasi wawancara
- Isi wawancara mudah dipahami
- Isi wawancara mudah dipahami, tetapi dapat menimbulkan ketidakjelasan bagi
pembaca
-
Isi wawancara sukar dipahami
|
5
3
1
|
Nilai siswa diperoleh dgn rumus
sbb:
Nilai = Skor perolehan
x 100
Skor
maksimal
I.
Dalam
melaksanakan wawancara, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
- Hubungan baik antara pewawancara dengan orang yang diwawancarai perlu dipupuk dan dibina sehingga akan tampak hubungan yang akrab dan harmonis.
- Dalam wawancara jangan terlalu kaku, tunjukkan sikap yang bersahabat, bebas, ramah, terbuka, dan adaptasikan diri dengannya.
- Perlakukan responden itu sebagai sesama manusia secara jujur.
- Hilangkan prasangka-prasangka yang kurang baik sehingga pertanyaan-pertanyaan yang diajukan bersifat netral.
5. Pertanyaan
hendaknya jelas, tepat, dengan bahasa yang sederhana.
J.
Pengolahan
Data Kualitatif
1. Tahap
Pengodean
Ø Bentuk
format berupa tabel dengan tiga kolom.
Ø Kolom
pertama di sebelah kiri untuk menuliskan nomor urut transkrip data.
Ø Transkripsi
verbatim (kata demi kata) hasil wawancara dituliskan dalam format di kolom
kedua dari tiga kolom.
Ø Pada
kolom ketiga dituliskan kata kunci (tema) yang ditemukan dari transkripsi
verbatim.
Format
Pengodean
• Nama :
Ihsann
• Kelas :
IV Sekolah Dasar
• Tanggal : 9 Mei 2013
• Waktu :
08.00 – 10.00
• Tempat : Ruang kelas IV SD Panca Karya
No.
|
Transkrip Verbatim Hasil Wawancara
|
Kata Kunci (Tema)
|
1.
|
Ihsann masuk ke ruang kelas terlambat 5 menit.
Ihsann memberi alasan bahwa dia harus
membantu tukang kebun sekolah untuk memberi makan ikan di kolam .
Setelah
duduk, dia diberikan 3 pertanyaan pelajaran IPA, namun hanya menjawab 2 pertanyaan. Pada pertanyaan ketiga dia
hanya menggelengkan kepalanya.
|
k.
Perbedaan
Tes Wawancara dengan Tes Lisan
a. Tes
wawancara berisi tentang pendapat siswa atau pengalaman siswa sedangkan tes
lisan berisi tentang materi yang sedang diteskan.
b. Tes
wawancara dilakukan secara individu sedangkan tes lisan bisa dilakukan secara
berkelompok.
c. Tes
wawancara lebih cocok untuk mata pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa inggris
sedangkan tes lisan bisa untuk semua mata pelajaran termasuk matematika.
IV.
Contoh
Wawancara yang akan di peragakan oleh Tim Pendamping
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
1/1
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan
fungsi anggota tubuh dan deklamasi.
Kompetensi Dasar : Memperkenalkan diri sendiri dengan
kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
Indikator : Mendeskripsikan diri
sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun.
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mendeskripsikan diri sendiri
dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun.
a. Wawancara
Tidak Berstruktur
Pertanyaan :
d. Siapa
nama kamu?
e. Dimana
kamu dilahirkan?
f. Kapan
kamu lahir?
g. Dimana
tempat tinggal kamu?
h. Dimana
kamu bersekolah?
b. Wawancara
Berstruktur
i.
Pernahkah kamu menyapa temanmu saat
menegur dijalan?
Pernah/Tidak Pernah
ii.
Pernahkah kamu menyapa orang yang tidak
kamu kenal?
Pernah/Tidak Pernah
iii.
Apakah kamu pernah menanyakan alamat
pada orang yang tidak kamu kenal?
Pernah/Tidak Pernah
V.
Materi
Kegiatan Dinamika Kelompok
Tugas
Kelompok : Membuat Indikator dan Pertanyaan Wawancara Sesuai
dengan SK dan KD serta membuat rubrik penilaian.
·
Kelompok PGRI : Jawa Tengah
Mata Pelajaran :
PKN
Kelas/Semester :
II/2
Standar Kompetensi :
Menampilkan nilai-nilai Pancasila.
Kompetensi Dasar : Melaksanakan perilaku jujur, displin,
dan senang bekerja dalam kegiatan sehari-hari.
·
Kelompok PGRI : Jawa Timur
Mata Pelajaran :
PKN
Kelas/Semester :
III/1
Standar Kompetensi :
Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat.
Kompetensi Dasar : Mengenal aturan-aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar
·
Kelompok PGRI : Jawa Barat
Mata Pelajaran :
PKN
Kelas/Semester :
IV/2
Standar Kompetensi :
Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
Kompetensi
Dasar :Memberikan contoh sederhana
pengaruh globalisasi di lingkungannya
·
Kelompok PGRI : DKI Jakarta
Mata Pelajaran :
PKN
Kelas/Semester :
V/2
Standar Kompetensi :
Memahami kebebasan berorganisasi.
Kompetensi Dasar : Menyebutkan contoh organisasi di
lingkungan sekolah dan masyarakat.
·
Kelompok PGRI : D.I.Y
Mata Pelajaran :
PKN
Kelas/Semester :
VI/1
Standar Kompetensi :
Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia.
Kompetensi Dasar : Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada
·
Kelompok PGRI : Banten
Mata Pelajaran :
PKN
Kelas/Semester :
I/1
Standar Kompetensi :
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
Kompetensi Dasar : Menerapkan hidup rukun di rumah dan di
sekolah
.
VI.
Pembagian
Tugas “EVALUASI PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK WAWANCARA GUNA MENINGKATKAN
KEPERCAYAAN DIRI SISWA”
-
Moderator
:
1. Memperkenalkan
Penyaji Materi
2. Memimpin
jalannya diskusi
3. Membantu
penyaji dalam menampung pertanyaan peserta.
4. Menyimpulkan
materi workshop
-
Penyaji
Materi :
1. Menyampaikan
materi kepada peserta
2. Menjawab
pertanyaan dari peserta workshop
-
Ketua
Panitia :
1. Membuka
acara workshop
2. Mengontrol
jalannya kegiatan workshop
-
Pendamping
kelompok :
1. Mendampingi
anggota kelompok untuk berdinamika
2. Menjelaskan
kegiatan dinamika kelompok, dengan keterangan :
·
Menjelaskan kembali materi wawancara
·
Mendampingi siswa membuat pertanyaan
wawancara.
·
Satu Kelas Dibagi Menjadi 6 kelompok
·
Satu Kelompok Terdiri dari 5 – 6 Orang
·
Kelompok PGRI cabang Jawa Timur
1. Andreas
Armando P
2. Andre
Aditya S
3. Maria
Dian Rosari
4. Isa
Sawiji H
5. Sriyani
Wulandari
6. Putri
Pratami
·
Kelompok PGRI cabang Jawa Tengah
1. Satria
Anggara
2. Marselus
Sunardi
3. Yovita
Siska F
4. Shinta
Puspa A
5. Yenny
Fruit Tella P
6. Angela
Cory D. P
·
Kelompok PGRI cabang Jawa Barat
1. Felix
Prastian B. S
2. Andi
S
3. Hendrika Juliati Br. S.
4. Rukamah
5. Brigita
Wahyu A
6. Endika
Elshanta
·
Kelompok PGRI cabang Daerah Istimewa
Yogyakarta (DIY)
1. Adhik
Abil Y
2. Septi
Ria Irawan
3. Benedicta
Putri W. H
4. Dyah
Ayu Retno
5. Ana
Ventalesi
6. Lies
Mira Yuniarti
·
Kelompok PGRI cabang DKI Jakarta
1. Yustinus
Cahyadi T
2. Ervin
Indraswari
3. Arin
Dwi R
4. Sundosari
Pratiwi
5. Rufina
Merry
·
Kelompok PGRI cabang Banten
1. Yohanes
Hendi Setiawan
2. Bonaventura
Dian D. P
3. Radmilla
Zena H.D
4. Dhahiru
Laila R
5. Ari
Widya P
6. Eni
Purwati
Tidak ada komentar:
Posting Komentar